It's Suki's Journey! Simple Girl with CoMpL1C4T3d L1F3

I wanna make my life more beautiful each day with the one I love

Thursday, January 17, 2008

Kalau ditilang Polisi, minta slip biru aja yaa..

Gw pengen sharing pengalaman ditilang polisi nih. Semoga infonya bermanfaat ya.

Guys, gw pernah dapat email di kantor yang isinya tips menghadapi tilangan polisi. Di email disebutkan, apabila ditilang kita bisa minta dua surat tilang yaitu berupa slip merah yang artinya kita tidak mengaku bersalah atas pelanggaran yang dituduhkan dan kita ingin "fight" di pengadilan, dan kedua berupa slip biru yang berarti kita sadar atas kesalahan kita dan bersedia ditilang tanpa persidangan dan pembayarannya pun tinggal setor ke Kas negara melalui nomor rekening yang ditunjuk dan surat2 kita yang ditahan polisi bisa diambil di kantor polisi setempat. Artinya dengan slip biru itu uang kita aman, setidaknya tidak masuk ke kantong pribadi para bapak2 pengatur lalu lintas tersebut. Lupakan aja deh dengan istilah damai, karena cara itu cuma akan menguntungkan satu pihak saja.

Kemarin akhirnya gw bisa mempraktekkan langsung nih ilmunya. Sewaktu pulang dari kantor, rencana mau mampir ke Taman Anggrek. Pada saat mau belok ke arah TA, aku memakai jalur tengah ( seharusnya jalur paling kiri ) karena kurang konsentrasi. Nasib sial lagi berpihak sama gw, si Bapak udah melambai2 di sebelah suruh pinggirin mobil. Lia di sebelah sudah kaget, gw sih masih tenang2 aja karena TA kan daerah tempat tinggal gw. Jadi gampanglah kalau ada masalah.

Basa basi sebentar lihatin surat2, Polisinya bilang gw salah jalur. Dengan tenang gw bilang aja, "sorry Pak, saya kurang tahu soal jalur bukan sengaja dilanggar."Polisinya tetap ngotot itu pelanggaran. "Ok deh Pak, saya minta slip biru saja deh Pak. Besok saya bisa setor ke Bank dan langsung ambil surat2nya di Kantor polisi Tanjung Duren. Deket kok sama rumah," gw jawab gitu. Polisinya agak mikir sebentar. Akhirnya dia jawab :"untuk kali ini saya kasih toleransi deh, lain kali jangan dilanggar lagi ya". Hahaha gila efektif juga ya tuh slip biru. Setidaknya tuh Polisi ga dapat apa2 dari gw.

Sebagai polisi seharusnya memberikan pengarahan mengenai lalu lintas secara benar. Jangan langsung main tilang saja, lagian orang kan tidak sengaja. Kecuali pelanggaran yang benar2 dilakukan dengan penuh kesadaran.

So guys, kalau ditilang polisi jangan lupa minta slip biru saja ya. Jangan biarkan uang kita sia2 dimakan sama orang. Setidaknya masuk kas negara lebih aman meskipun kita tidak tahu uangnya bakal dipakai buat apa.

1 Comments:

Blogger Marilyn said...

Nice blog. Keep up the good work. Cheers:-)

12:43 PM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

Links to this post:

Create a Link

<< Home


Sign my Guestbook from Bravenet.com Get your Free Guestbook from Bravenet.com